Memisah Bandwidth Lokal dan Internasional

Khususnya bagi kita yang menggunakan lebih dari 1 PC dalam LAN, biasanya kita akan mengalami lag, atau jaringan ngadat.
Saya sering mengalami hal ini di warnet saya, jika salah satu pelanggan mendownload file lebih dari 1 atau lagi nonton di YOU TUBE, dipastikan pelanggan lain akan berteriak. "Ngeleg Oooooom".. hahahahahahha.

Inginnya jaringan Lokal (untuk game-game lokal spt. Point Blank, Atlantica, RF, Crosfire, Lost Saga, AyoDance dll) tidak terganggu ketika pelanggan lain menggunakan YouTube, Facebook, Twitter, atau situs-situs "Nakal" lainnya yang suka membebani.

Setelah keliling-keliling bersama mbah GOOGLE, akhirnya saya menemukan cara yang paling simple menurut saya sih.

Bagaimana cara melakukan pemisahan queue untuk trafik internet internasional dan trafik ke internet Indonesia (OpenIXP dan IIX)


Kebetulan saya mendapatkan filenya dalam bentuk PDF





REVIEW ARTIKEL


Pada artikel ini, kami mengasumsikan bahwa:
  1. Router Mikrotik melakukan Masquerading / src-nat untuk client. Client menggunakan IP privat.
  2. Gateway yang digunakan hanya satu, baik untuk trafik internasional maupun IIX.
  3. Anda bisa menggunakan web-proxy internal ataupun tanpa web-proxy. Jika Anda menggunakan web-proxy, maka ada beberapa tambahan rule yang perlu dilakukan. Perhatikan bagian NAT dan MANGLE pada contoh di bawah ini.
Jika ada parameter di atas yang berbeda dengan kondisi Anda di lapangan, maka konfigurasi yang ada di artikel ini harus Anda modifikasi sesuai dengan konfigurasi network Anda.

0 Response to "Memisah Bandwidth Lokal dan Internasional"

Post a Comment